Skip navigation

I’m really inspired by Hard Rock FM’s financial clinic with Ligwina Hananto from QM FINANCIAL. Why? I’ll tell you in this post.

24 tahun gue hidup, gue ga pernah nyatet pemasukan dan pengeluaran gue, let alone having financial planning. Tapi sejak dengerin Financial Clinic, gue baru sadar kalau sebentar lagi I will be the one who’s gonna keep track on my household cash flow. Dan secara nyata jg agak ga mungkin kenaikan gaji gue bakal sebanding dengan kenaikan harga ini itu. I started to think about my children’s school fees and of course biaya kelahiran dan ini itu dan kembali menyadari bahwa, it’s better to start this whole financial planning as soon as possible.

Sebenarnya QM bakal ngadain training bulan juli nanti (bisa dicek di website), tapi with all this wedding preparation madness, gue takutnya ga fokesss malah menyia-nyiakan 3jt rupiah. Jadi target gue adalah menyisihkan 7 juta rupiah buat jasa Financial Planner dari QM, starting 2011. Udah ngobrolin hal ini sama patal, dan dia juga setuju bahwa di kasus gue, mendingan gue invest 7 juta untuk layanan ini soalnya gue orangnya hands-on banget, I learn better if I get involved in the whole thing. Udah banyak training ini itu yang gue pernah ikutin, walau bukan di bidang financial planning, but one thing I can tell you, I don’t utilize the knowledge very much.

Patal bilang, start with simple things. Kalau engga bisa nulis pengeluaran setiap hari, minimal catet-catetin pengeluaran tetap seperti insurance fee, cicilan rumah, bensin dll dan tentukan budget uang tunai yang ditarik mingguan. Dan selalu inget nabung dalam jumlah fixed, dan sisihkan uang dalam jumlah fixed untuk investasi, plus mulai sekarang cari info-info investasi apa gitu.

Well, he made it sounds easy. Because he does this kind of thing. Kata patal walaupun keliatannya gue ga boros, tapi pengeluaran simpel-simpel itu nominalnya besarrrr. Contohnya aja ‘ngopi’ minimal udah abis 45k for the coffee and 6k for the parking. Belum lagi kalo ‘ngopi’nya jauh, harus ngeluarin ekstra buat bensin dan tol, trus sambil ‘ngopi’ mau baca-baca, beli majalah juga another 40k, apalagi kalo lagi ‘ngopi’ matanya jelalatan, pulang-pulang udah bawa belanjaan. Walau engga sering begini tapi sekalinya begini semua maen gesek dan gesek dan gesek. Gue cuma nyengir aja waktu dia menjabarkan lifestyle gue haha. Tapi selama ini gue belum pernah punya hutang kartu kredit lohhh.

Tujuan dana gue sekarang kira-kira kayak begini:
1. Dana Darurat
Bisa dibaca di web QM untuk pasangan tanpa anak, kira-kira butuh 6x gaji. This I can be proud again of myself, I did save more than 6x of salary. Tapi karena ini lagi nyiapin nikahan kemungkinan besar uangnya akan terpakai. bisa sebagian bisa juga semua.
2. Dana Kelahiran
This I gotta start now. Walaupun biaya kelahiran sekian persen akan dicover oleh kantor gue dan kantor patal. But we haven’t really checked the percentage. Minimal harus siapin dana lebih untuk check-up rutin, caesar, liposuction and tummy tuck dan juga perawatan pasca lahiran. At any time, prepare for the worst.
3. Dana Pendidikan Anak
Dari dulu emang gue pengen masukin anak gue ke chinese speaking school. Meaning dari playgroup environmentnya udah harus dibiasakan di sekolah internasional. Bukan maksud menyombong, but English is easier to learn informally, at least it’s easier for me to speak to my children en anglais, and a little bit in mandarin. I don’t wanna overstimulate the brain because once I had a student who had problem in his speech development, we tried to figure why and turned out that every member of the family was speaking to him in different languages, and he was too confused. Well, every child is different, gotta read more books about this (later). Tuh ngelantur lagi, anyway, gue udah bilang patal I will work my ass of so my children would have the best education. Itu cuma sekolahan loh, belum lagi les ini itunya. *palmface*
4. Dana Pensiun
Coba baca-baca deh di web QM. Yg ini gue belum begitu ngerti tapi minimal nanti pas pensiun mau taraf kehidupan meningkat dong dari taraf kehidupan yang sekarang.

You know what they say, learning is a lifetime process. It’s never too late to start. Sekarang mau summarize artikel2 untuk patal mengenai unit link.

ciao,
ste

Leave a Reply

